Numerologi China Yang Bersejarah

Angka Numerologi China

Pengetahuan numerologi china sudah ada sejak 4.000 tahun bahkan lebih. Dikatakan bahwa calon Kaisar Wu dari Hsia, menemukan cangkang kura-kura yang menarik ketika dia berjalan melintasi daratan China.

Calon Kaisar saat itu sedang merenungkan bagaimana cara mengatasi fenomena banjir yang terjadi setiap tahun di China ketika musim hujan yang panjang datang. Bagian menarik dari cangkang kura-kura tersebut adalah fakta bahwa ada kotak yang secara alami terdapat pada cangkang. Dengan setiap bagiannya menunjukan angka 1 hingga 9 yang tertulis didalamnya. Wu menganggap ini sebagai tanda dari Tuhan, dia bersumpah untuk mempelajarinya agar berguna untuk umat manusia. Sampai saat ini penemuan yang tidak disengaja dan petunjuk dari Tuhan tersebut menjadi awal mula numerologi China lahir.

Lo Shu Grid

Setiap angka dalam kotak persegi Lo Shu mewakili tipe kepribadian tertentu, yaitu:

Angka 1 mewakili individu-individu yang mengalami kesulitan untuk menyampaikan perasaan terdalam mereka secara verbal dan untuk orang-orang yang merasa kesulitan untuk melihat sudut pandang yang berlawanan dari orang lain.

Angka 2 mewakili individu-individu yang tidak sabar dan merasa mudah untuk mengkomunikasikan kesalahan mereka kepada orang lain dan diri mereka sendiri. Angka 2 memiliki energi yin atau feminim,  tetapi juga memiliki dualitas yang menunjukan sifat sejati dunia dan alam semesta.

Angka 3 dikaitkan dengan melahirkan. Angka ini berbicara tentang kelanjutan garis keturunan keluarga. Sifat evolusi kehidupan dan metamorfosis juga dicontohkan angka ini.

Angka 4 berdiri sebagai simbol keadilan, stabilitas dan alasan. Angka ini mewakili kepastian dan sifat alam semesta.

Angka 5 adala simbol optimisme, antusiasme, keberuntungan, dan rasa senang. Angka ini sering digunakan sebagai penanda untuk pengulangan. Orang China percaya bahwa dengan melakukan hal-hal dalam pengulangan 5, mereka akan dapat mencapai hasil terbaik dalam hal tersebut.

Angka 6 pada dafta Lo Shun adalah tentang ekspansi dan umur panjang. Ini adalah simbol dari sifat abadi, siklus waktu, musim, peradaban, dan banyak lagi.

Angka 7 adala tentang kesempurnaan dan penyelesaian. Angka ini mewakili waktu, misalnya perayaan berbagai festival diadakan pada tanggal 7 setiap bulan, tujuh hari dalam seminggu, hari ke 7 dalam semingu. Angka ini juga mewakili konsep bahwa segala sesuatu memiliki waktunya sendiri dalam skema yang lebih besar dalam prosesi kehidupan.

Angka 8 adalah tentang iklusi dan kepastian. Angka ini mewakili sifat spiritual dari semua hal dalam kehidupan. Jika anda melihat angka 8, mungkin anda akan mendapati ide, pikiran, perasaan yang nyata bahwa segala sesuatu mungkin terjadi. Alam semesta ada bagi anda , dan alam semesta benar-benar memberikan apa yang anda inginkan.

Angka 9 melambangkan kekuasaan, pencipta semua yang ada, dan memiliki jawaban untuk semua pertanyaan kehidupan. Di China tidak jarang kamar/apartemen ke-9 dibiarkan kosong. Dipercayai oleh beberapa orang bahwa yang ke-9 dari segala hal harus dipersembahkan untuk pencipta.

Meskipun secara teknis 0(nol) bukan angka, nol melambangkan ketidakterbatasan ruang, kekosongan yang kita kenal sebagai alam semesta. Kemungkinan dan potensi tanpa batas diwakili oleh 0. Hal ini mewakiki sesuatu yang belum terwujud tetapi sedang menunggu untuk terjadi, meski tidak dapat didefinisikan dan belum ada disana.

Orang cina menggunakan numerologi pada kehidupan sehari-hari mereka. Mereka merujuknya untuk membantu dalam membuat keputusan yang tepat dalam kehidupan, hubungan pribadi, hubungan bisnis, dan semua hal yang relevan dengan keinginan hati mereka. Numerologi sudah menjadi sistem kepercayaan yang kuat di China.